Woensdag 06 Maart 2013

Manfaat Bersuci

Manfaat Bersuci

Hikmah dan manfaat bersuci dari najis antara lain adalah :
1. Mendidik manusia agar senantiasa terbiasa hidup bersih.
2. Membuktikan bahwan agama Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi nilai0nilai kebersihan dan kesucian.
3. Bersuci dari najis memiliki peran yang sangat urgen dalam mewujudkan kesehatan, terutama kesehatan badan kita sendiri.
4. Menghilangkan bau busuk atau bau tidak sedap yang menempel pada tubuh atau benda-benda yang lain sehingga ketika berkumpul dengan orang banyak mereka tidak terganggu dengan kehadiran kita.
5. Membentuk jiwa yang senang dan tentram, karena sebetulnya erat hubungannnya antara ketenangan jiwa dengan kebersihan tubuh.
6. Sebagai salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, karena sesuai dengan firmanNya dalam Surat Al Baqarah : 222, Bahwa Allah mencintai orang - orang yang bertaubat dan mensucikan diri.
7. Mensucikan diri dari kotoran dan najis memberikan isyarat supaya kita senantiasa berdaya upaya untuk mensucikan diri dari dosa dan dari segala perangai yang keji atau mendorong kita untuk selalu berakhlak mulia.
8. Tata cara bersuci dan juga adab bersuci jika dilaksanakan penuh dengan kesadaran dan kedisiplinan akan menumbuhkan kebiasaan yang sangat baik untuk diri kita sendiri.
9. Hikmah dari bersuci sebagaimana diterangkan dalam hadis Rasulullah SAW "Orang yang disisksa di kubur gara-gara tidak pernah cebok setelah buang air kecil.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking